Analisis Butir Soal Dengan Program Iteman
Analisis butir soal secara empirik menggunakan Program item and Test Analysis (ITEMAN). Iteman
merupakan perangkat lunak yang dibuat dengan pendekatan analisis statistik
butir soal dan tes data empiris uji coba.
Hasil dari analisis butir soal
mencangkup
- tingkat kesukaran soal
- daya pembeda soal
- statistik sebaran jawaban
- statistik tes yang meliputi kehandalan/reliabilitas tes, kesalahan pengukuran, ditribusi skor dan output skor untuk setiap peserta tes.
Mengoperasikan Itemen
- Memasukan jawaban siswa kedalam file data, yang diketik pada Notepad. Data tersebut dapat berupa alphabetik atau numerik seperti yang terdapat pada contoh.
Contoh
40 o N 10
EACBDEACBADECBDECDBAEDCBABEACDEABCDABEDC
Kunci Jawaban
5555555555555555555555555555555555555555
Pilihan Jawaban
YYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYYY
Kode Analisis
12001 CACDDEDBACDABDACAAEEBBCCABBACBAABEDAECBA
12002 ACCDCCCCCBEBCEADBABDBEBBAECABDCAAEABCBAA
12003 CAECDEDCADDDCCCBAABBBBBBABBCCAAABABDACDE
12004 ACCBDAECCBDDEBABCAABDBCEABAACCAACECAEBAB
12005 ABBBDEEBCECDBDACADBADBCCCDEECBEAAECAECBC
12006 EBBDDEAEBCEABBDAADBCEBCDDBAECEAAACAABBAB
12007 ACCDDEEACBDDCDBBCDBADBCEABAACCAAABCAEEAB
12008 AEEBAEDABBEABCBBCABBDBBCBBBDCDADAEDBBBBB
12010 AECDDEDAECEBCBACADBDDBCCCBBDCBAABEACBDAA
12011 AECBDEDDACACABACCABBDBCACABECBACBCACBDAA
12012 DECDDDECABDCBAEECABBABDCBEAECDACAAACBDAC
12013 CAEBDECBEBDEBEAECDEABBCDBBBBCCADAEACDBBC
12014 ACCDDECBEBDEBECECDEBCBEDBCBECCADAEAEEAAC
12015 BCCBDEEADCDCBBDCCDBAEDCDABBCBCAADBDCBCDB
12016 AAEDDEEBACEEBDBDADAEDBCECBAECEACDEAAECAC
12017 BDCBDECBCDDACEACAAAEBBCDABBCCAEEAABEEAAD
12018
BECDDABDACCEBAACCBBDEDBCDDECECCABEDAADAB
12019 CCCBDEACABEABAECDBBDBCDBEAACBACBEABCADAB
12020 AECBDEDCCCDCBEAECBABDBCACABECBACBCACBBAA
12021 ADCBAAAEACCCBEDBBDEDADDAABCECCABDCCAECDA
12022 ABBCBCCEACECBDDCCDBDADCCABBACBAEBADABCBC
12023 ABBADEABDCBCBEDBBEBBABCCCBAECAABDEDBEBAB
12024 ACCDDEAACCEAEABBCABBEBCCBBBEEBEDACACBAAC
12025 ACCDDEACCCECBBDCEABBEDCCACAEBBEDACACBAAC
12026 BCCBEAEAABCABCAADDBBABDEABAECCEADEECCDEC
12027 ACCBDEEACCCAAEBBCABBEBACCBBACCAADADADBAC
12028 AECBDEAACBDAABACCABBBDEDADBCCDADBCBACCBA
12029 ACCBDEACBDCAAEDECABBADCDADBCCDADBCACECBC
12030 AEEBDACBACCCBCDECABBDBDAABCDCCAEBCAAECCC
12031 AECBDDACACEAABDECABBCDCAADBCCBEADEAAECBA
a. Baris Kontrol
Agar file data dapat
dianalisis oleh ITEMAN diperlukan 4 (empat) baris perintah/variable sebagai
baris control (control line) yang diketik mulai dari baris pertama kolom
pertama. Empat baris pertama sebagai baris control tersebut adalah sebagai
berikut :
·
Baris
Pertama
Kolom Keterangan dalam contoh
1 – 3 jumlah butir soal (maks. 250) 040
4 kosong/spasi -
5 untuk jawaban omit (kosong) 0
6 kosong/spasi -
7 untuk soal yang belum sempat
dikerjakan N
8 kosong/spasi -
9-10 jumlah identitas data siswa (maks. 80)
10
Keterangan
Kolom 1 – 3 diisi
dengan angka yang menunjukkan jumlah butir soal yang dianalisis. Kolom 1 untuk ratusan, kolom 2 untuk
puluhan dan kolom 3 untuk satuan. Artinya untuk menuliskan jumlah butir soal
sebanyak 45, angka ”4” dimulai pada kolom kedua dan angka ”5” pada kolom
ketiga. Atau dapat ditulis ”045”.
Kolom 5 diisikan angka ”9”
atau ”0” untuk butir soal yang tidak dijawab.
Kolom 7 diisikan ”N” untuk
soal yang belum sempat dikerjakan.
Kolom 9 dan 10 diisi dengan
panjang karakter untuk identitas siswa. Sebagai contoh untuk identitas
sepanjang 8 karakter dapat ditulis ”08” atau ”8”.
·
Baris
kedua berisi kunci jawaban (option yang benar)
Penulisan
kunci jawaban harus sesuai dengan kode untuk data baik alphabetik maupun
numerik.
· Baris Ketiga berisi jumlah pilihan jawaban
(option)
Diisi dengan angka, misalnya 2, 3, 4 .. dan
seterusnya sesuai dengan jumlah option.
· Baris Keempat berisi KODE / Skala Tes :
”Y” = butir soal dianalisis
dan ”N” = butir soal yang tidak akan dianalisis (=dianulir). Dapat pula
diisikan bilangan ”0”, ”1”, ”2” dan seterusnya untuk tes berskala.
· Baris Kelima dan seterusnya berisi jawaban
siswa/responden yang diketik dengan alphabetik maupun numerik, dengan ketentuan
setiap satu baris menunjukkan jawaban dari satu responden.
2. Menjalankan Program
a.
Menjalankan Program dengan Hard
Disk
Apabila PC yang kita pergunakan
memiliki sebuah hard disk, maka langkah-langkah yang perlu kita lakukan adalah
sebagai berikut :
b.
Yakinkan bahwa file ITEMAN.EXE
sudah di-instal (disalin) dan disimpan pada folder tertentu. Data yang sudah
diketik dalam Notepad disimpan pada
folder yang digunakan untuk menyimpan data iteman misalnya YULI.TXT
c.
Buka program Iteman dan ketikan
nama file data yang akan dianalisis, misalnya YULI.TXT lalu tekan tombol ENTER.

Enter the name of the output file: _

Komputer meminta diisikan nama output file
(file hasil analisis).
d.
Ketikkan nama file output
(hasil yang kita kehendaki, misalnya YULI1.TXT lalu tekan tombol ENTER, maka
akan muncul tampilan :

Do you want the
scores written to a file ? (Y/N)

Komputer meminta jawaban
”Y” atau ”N”.
e. Ketikkan ”Y” ( = yes) bila kita inginkan file hasil skor, atau ”N” (=no) bila kita tidak
menghendakinya.
Bila kita ketik ”Y”, maka akan muncul :

Enter the name of the score
file:

Komputer
meminta diisikan nama file untuk skor peserta tes.
f.
Ketikkan
nama file untuk hasil skor, misalnya YULI2.TXT lalu tekan tombol ENTER.
Dalam
waktu beberapa detik, akan muncul tampilan :
Ini
menunkukkan bahwa proses analisis telah selesai. File hasil analisis (YULI1.TXT)
dan hasil skor (YULI2.TXT) berada dalam hard disk
Hasil Analisis Butir Soal dengan
menggunakan Iteman
Untuk tes skala
yang terdiri dari butir-butir soal yang bersifat dikotomi (misalnya, pilihan
ganda), statistik berikut adalah output dari setiap butir soal yang dianalisis
meliputi:
- Seg. No adalah nomor urut butir soal dalam file data.
- Scala-item adalah nomor urut butir soal dalam skala (tes/subtes)
- Prop. Correct adalah proporsi siswa (peserta tes) yang menjawab benar butir soal. Nilai ekstrim (mendekati nol atau satu) menunjukan bahwa butir soal tersebut terlalu sukar atau terlalu mudah untuk peserta tes. Indeks ini disebut juga indeks tingkat kesukaran soal secara klasikal.
- Biser adalah indeks daya pembeda soal dengan menggunakan koefisien korelasi biserial. Nilai positif menunjukan bahwa pesrta tes yang menjawab benar butir soal, mempunyai skor yang relatif tinggi dalam tes/skala tersebut. Sebaliknya, nilai negatif menunjukan bahwa peserta tes yang menjawab benar butir soal, memperoleh skor yang relatif rendah dalam tes/skala tersebut. Untuk statistik pilihan jawaban(alternative korelasi biserial negatif sangat tidak dikehendaki untuk kunci jawaban dan sangat dikehendaki untuk pilihan jawaban yang lain(pengecoh).
- Point-biser juga nerupakan indeks daya, pembeda soal dan pilihan jawaban (alternatif) dengan menggunakan koefisienkorelasi poin biserial.
Contoh
MicroCAT (tm)
Testing System
Copyright (c) 1982, 1984, 1986, 1988 by Assessment Systems
Corporation
Item and Test
Analysis Program -- ITEMAN (tm) Version 3.00
Item analysis for data from file YULI.TXT Page 1
Item
Statistics Alternative
Statistics
-----------------------
-----------------------------------
Seq. Scale Prop. Point Prop. Point
No.
-Item Correct
Biser. Biser. Alt.
Endorsing Biser. Biser. Key
---- ----- -------
------ ------ ----- --------- ------
------ ---
1 0-1
0.033 0.577 0.238
A 0.667 0.031
0.024
B
0.133 0.010 0.007
C 0.133
-0.146 -0.093
D 0.033
-0.334 -0.138
E 0.033
0.577 0.238 *
Other 0.000 -9.000
-9.000
2 0-2
0.133 -0.042 -0.027
A 0.133 -0.042
-0.027 *
B 0.133
0.063 0.040
CHECK THE
KEY C
0.367 0.144 0.112
?
A was specified, C
works better D 0.067
-0.296 -0.154
E 0.300
-0.058 -0.044
Other 0.000 -9.000
-9.000
3 0-3
0.700 0.123 0.093
A 0.000 -9.000
-9.000
B 0.133
0.063 0.040
C 0.700
0.123 0.093 *
D
0.000 -9.000 -9.000
E 0.167
-0.225 -0.151
Other 0.000
-9.000 -9.000
4 0-4
0.533 0.136 0.108
A 0.033 -0.637
-0.264
B 0.533
0.136 0.108 *
CHECK THE
KEY C 0.067
0.226 0.117 ?
B was specified, C
works better D 0.367
-0.096 -0.075
E 0.000
-9.000 -9.000
Other 0.000 -9.000
-9.000
5 0-5
0.833 0.451 0.302
A 0.067 -0.383
-0.199
B 0.033
0.273 0.113
C 0.033
-0.637 -0.264
D 0.833
0.451 0.302 *
E 0.033
-0.485 -0.201
Other 0.000 -9.000
-9.000
6 0-6
0.700 0.188 0.143
A 0.167 -0.225
-0.151
B 0.000
-9.000 -9.000
C
0.067 -0.209 -0.108
D 0.067
0.139 0.072
E 0.700
0.188 0.143 *
Other 0.000
-9.000 -9.000
dst
MicroCAT (tm) Testing
System
Copyright (c) 1982, 1984, 1986, 1988 by Assessment Systems
Corporation
Item and Test
Analysis Program -- ITEMAN (tm) Version 3.00
Item analysis for data from file YULI.TXT
There were 30 examinees in the data file.
Scale Statistics
----------------
Scale: 0
-------
N of Items 40
N of Examinees 30
Mean 13.200
Variance 8.760
Std. Dev. 2.960
Skew 0.360
Kurtosis -0.456
Minimum 8.000
Maximum 20.000
Median 13.000
Alpha 0.621
SEM 2.612
Mean P 0.330
Mean Item-Tot. 0.174
Mean Biserial 0.244
10 1 Scores for examinees from file YULI.TXT
12001 14.00
12002 9.00
12003 14.00
12004 14.00
12005 13.00
12006 17.00
12007 17.00
12008 10.00
12010 13.00
12011 12.00
12012 11.00
12013 14.00
12014 10.00
12015 20.00
12016 10.00
12017 11.00
12018 12.00
12019 8.00
12020 13.00
12021 12.00
12022 15.00
12023 9.00
12024 13.00
12025 16.00
12026 10.00
12027 14.00
12028 16.00
12029 19.00
12030 13.00
12031 17.00
Pembahasan Hasil Analisis Butir Soal Dengan Iteman
Analisi
Butir Soal
No. item
|
Indeks kesukaran
|
Daya beda
|
Distribusi
jawaban
|
Daya beda
alternatif
|
Keputusan
|
1
|
0.033
|
0.238
|
A.0.667
B 0.133 C 0.133 D 0.033 E 0.033
Other 0.000
|
0.024
0.007
-0.093
-0.138
0.238 *
-9.000
|
|
Kategori
|
Sulit
|
Kurang baik
|
Baik
|
Baik
|
Revisi
|
2.
|
0.133
|
-0.027
|
A 0.133
B 0.133 C 0.367 D 0.067 E 0.300 Other 0.000 |
0.027 *
0.040
0.112
?
-0.154
-0.044
-9.000
|
|
Kategori
|
Sulit
|
Tidak baik
|
Baik
|
Kurang Baik
|
Revisi
|
3.
|
0.700
|
0.093
|
A 0.000
B 0.133 C 0.700 D 0.000 E 0.167 Other 0.000 |
-9.000
0.040
0.093 *
-9.000
-0.151
-9.000
|
|
Kategori
|
Sedang
|
Tidak baik
|
Tidak baik
|
cukup baik
|
Diganti
|
4.
|
.0533
|
0.108
|
A 0.033
B 0.533 C 0.067 D 0.367 E 0.000 Other 0.000 |
-0.264
0.108 *
0.117 ?
-0.075
-9.000
-9.000
|
|
Kategori
|
Sedang
|
Kurang baik
|
Tidak baik
|
Tidak baik
|
Diganti
|
5.
|
0.833
|
0.302
|
A 0.067
B 0.033 C 0.033 D 0.833 E 0.033 Other 0.000 |
-0.199
0.113
-0.264
0.302
*
-0.201
-9.000
|
|
Kategori
|
Mudah
|
Baik
|
Baik
|
Baik
|
Diterima
|
Untuk hasil analisis tes/skala, maka akan disajikan data sebagai berikut:
- N of items adalah jumlah butir soal dalam tes/skala yang ikut dianalisis. Untuk tes/skala yang terdiri butir-butir soal dikotomi, hal ini merupakan jumlah total butir soal dalam tes/skala
- N of Examines adalah jumlah peserta tes yang digunakan dalam analisis
- Mean adalah skor/ rata-rata peserta tes
- Variance adalah varian dari distribusi skor peserta tes yang memberikan gambaran tentang sebaranskor peserta tes.
- Std. Dev adalah deviasi standar dari distribusi skor peserta tes. Deviasi standar merupakan akar dari variance
- Skew adalah kemiringan distribusi skor peserta tes yang memberikan gambaran tenatng bentuk distribusi skor peserta tes. Kemiringan negatif menunjukan bahwa sebagian besar skor berada pada bagian atas (skor/tinggi) dari distribusi skor. Sebaliknya, kemiringan positif menunjuikan bahwa sebagian besar skor berada pada bagian bawah ( skor rendah) dari distribusi skor. Kemiringan nol menunjukan bahwa skor berdistribusi secara simetris di sekitar skor rata-rata (mean)
- Kurtosis adalah puncak distribusi skor yang menggambarkan kelandaian distribusi skor dibanding dengan distribusi normal. Nilai positif menunjukan distribusi yang lebih lancip (memuncak) dan nilai negatif menunjukan distribusi yang lebih landai(merata). Kurtosis untuk distribusi normal adalah nol.
- Minimum adalah skor terendah peserta tes dalam tes/skala tersebut.
- Maximum adalah skor tertinggi peserta tes dalam tes/skala tersebut.
- Median adalah skor tengan dimana 50% skor berada pada atau lebih rendah dari skor tersebut.
- Alpha adalah koefisien reliabilitas alpha untuk tes/skala tersebut yang merupakan indeks homoginitas tes/skala. Koefisien alpha bergerak dari 0,0 sampai 1,0. Koefisien alpha hanya cocok digunakan pada tes bukan mengukur kecepatan dan hanya mengukur satu dimensi.
- SEM adalah kesalahan pengukuran standar untuk setiap tes/skala
- Mean P adalah rata-rata tingkat kesukaran semua butir soal dalam tes secara klasikal dihitung dengan cara mencari rata-rata proporsi peserta tes yang menjawab benar untuk semua butir soal dalam tes/skala.
- Mean Item-Tot adalah Nilai rata-rata indeks daya beda dari semua soal dalam tes/skala yang diperoleh dengan menghitung nilai rata-rata point biserial dari semua butir soal dalam tes/skala.
- Mean- Biserial adalah juga nilai rata-rata indeks daya beda yang diperoleh dengan menghitung nilai rata-rata korelasi biserial dari semua butir soal dalam tes/skala.
- Scale intercorrelation adalah indeks korelasi antara antara skor-skor peserta tes yang diperoleh dari setiap subtes/subskala.
-**SELAMAT MENCOBA**-
Tidak ada komentar:
Posting Komentar